SOFTSKILL ESSAY
1. Jelaskan
Macam-Macam Manajemen Layanan Sistem Informasi.
- ITIL atau (Information Technology Infrastructure Library) adalah suatu rangkaian konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan serta operasi teknologi informasi (TI). Nama ITIL diterbitkan dalam suatu rangakaian buku yang masing-masing membahas suatu topic pengelolaan TI. Nama ITIL dan TI Infrastructure Library merupakan merek dagang terdaftar dari Office of Government Commerce (OGC) Britania Raya. ITIL memberikan deskripsi detail tentang beberapa praktek TI penting dengan daftar cek, tugas, serta prosedur yang menyeluruh yang dapat di sesuaikan dengan segala jenis organisasi TI.
- ASL adalah kepanjangan dari Application Service Library. Kumpulan dari pedoman praktek terbaik tentang pengelolaan pengembangan dan pemeliharaan aplikasi.
- COBIT dikeluarkan oleh IT Governance Institute (ITGI). COBIT digunakan untuk menjalankan penentuan atas IT dan meningkatkan pengontrolan IT. COBIT juga berisi tujuan pengendalian, petunjuk audit, kinerja dan hasil metrik, faktor kesuksesan dan maturity model.
2. Jelaskan dan sebutkan teknologi MLSI berserta contohnya?
Manajemen Layanan Sistem Informasi
adalah suatu metode pengelolaan sistem informasi(SI) yang
secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan SI terhadap bisnis
perusahaan.
Manajemen
Layanan Sistem Informasi berfokus pada proses dan karenanya terkait dan
memiliki minat yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan
proses (seperti Six Sigma, ERP, dsb) Disiplin ini tidak memedulikan detail
penggunaan produk suatu pemasok tertentu atau detail teknis suatu sistem yang
dikelola, melainkan berfokus pada upaya penyediaan kerangka kerja untuk
menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan sistem informasi dan interaksi
antara personel teknis TI dengan pengguna teknologi informasi.
Contohnya:
proses pembuatan software komputer untuk dijual bukanlah fokus dari disiplin ini, melainkan sistem komputer yang digunakan oleh bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak-lah yang merupakan fokus perhatiannya. Banyak pula perusahaan non-teknologi, seperti pada industri keuangan, ritel, dan pariwisata, yang memiliki sistem TI yang berperan penting, walaupun tidak terpapar langsung kepada konsumennya.
Contohnya:
proses pembuatan software komputer untuk dijual bukanlah fokus dari disiplin ini, melainkan sistem komputer yang digunakan oleh bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak-lah yang merupakan fokus perhatiannya. Banyak pula perusahaan non-teknologi, seperti pada industri keuangan, ritel, dan pariwisata, yang memiliki sistem TI yang berperan penting, walaupun tidak terpapar langsung kepada konsumennya.
3. Sebut dan
jelaskan strategi design dalam merancang apk manajemen layanan sistem
informasi?
Strategi desain itu bertujuan untuk mengambil langkah yang diperlukan untuk memastikan bahwa layanan akan melakukan seperti yg di rencanakan.
Strategi desain itu bertujuan untuk mengambil langkah yang diperlukan untuk memastikan bahwa layanan akan melakukan seperti yg di rencanakan.
1.
Perspektif: Visi untuk
menentukan arah dan tujuan dalam bertahan dalam pasar dunia.
- Position: Memanfaatkan keunikan posisi sebagai dasar untuk berkompetisi.
- Plan: Rencana bagaimana provider layanan akan meraih visinya
- Pattern: Pola dasar yang dilakukan berulang dalam pengambilan keputusan yang biasanya berdasarkan tema pokoknya.
4. Perlukah
keamanan untuk manajemen layanan sistem informasi?
Sangat
diperlukan karena suatu perusahaan yang membentuk sebuah manajemen atau
kelompok yang di dalam manajemen itu mempunyai suatu data atau informasi yang
sangat penting maka, dari itu pemilik sebuah perusahaan membuat sebuah sistem
keamanan berbasis teknologi jaringan dan komputer supaya perusahaan lain atau
pesaing tidak bisa mencuri informasi ataupun data yang mencangkup pada perusahaan
itu.
5. Sebutkan
macam-macam apk berbasis mobile dan web untuk MLSI ?
- Berbasis mobile
Ruang guru
- Berbasis web
Komentar
Posting Komentar