USG 4 DIMENSI

USG (Ultrasonography)

           


USG (Ultrasonography)
Usg (ultrasonography) adalah  sebuah teknik diagnostik pencitraan menggunakan suara ultra yang digunakan untuk mencitrakan organ internal dan otot, ukuran mereka, struktur, dan luka patologi, membuat teknik ini berguna untuk memeriksa organ. USG menggunakan gelombang suara  yang dilepaskan probe USG. USG mempunyai beberapa macam ada USG 2D,USG 3D,dan USG 4D.
Salah satu USG yang terkenal dan terbaru saat ini adalah USG 4D
USG 4D adalah gambar yang dapat dipancarkan dan ditangkap dengan kecepatan real time ibaratnya anda menggunakan handycam,serta lebih jelas bentuk janin yang yang sedang di liat di USG 4D.USG 4D sendiri merupakan inovasi terbaru dibidang kesehatan dimana sebelumnya,USG yang terakhir yaitu USG 3D yang hanya memperlihatkan janin secara panjang,lebar,dan tinggi saja.Cara kerja USG 4D yaitu Gelombang suara tersebut melewati jaringan tubuh, misalnya kulit,  lapisan lemak perut, otot-otot perut, dan cairan ketuban, kemudian dipantulkan, ditangkap dan dimunculkan dalam bentuk gambar pada monitor. namun setiap USG mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing berikut adalah keuntungan dari USG 4D
  •               Keuntungan :

1.      Melihat Bentuk Janin yang Lebih Jelas
Karena USG 4D mempunyai hasil foto seperti foto yang diambil secara langsung,dimana dalam USG tersebut kita dapat melihat dengan jelas bentuk tulang hidung.hingga bentuk janin tersebut.
2.      Membantu Dokter Melihat Organ Internal Janin
Dimana dengan menggunakan USG 4D dokter dapat melihat organ interal janin tersebut seperti melihat detak jantung bayi tersebut. Hingga dokter bisa memanilisir kelainan yang terjadi pada janin.
3.      Melihat Kemungkinan Janin Cacat atau Bermasalah
Dokter dapat melihat dengan jelas apakah janin yang dikandung mengalami kecacatan atau tidak dengan jelas
4.      Membuat Prosedur Pemeriksaan Menjadi Lebih Cepat
Karena hasil USG4D sangat jelas dan terlihat nyata maka dokter bisa memeriksa pasien dengan cepat,karena hasil fotonya sudah sangat jelas.
5.      Membantu Dokter Bisa Menganalisa dengan Lebih Tepat
Dokter dapat menganalisa bila terjadi keanehan pada janin yang dikandung dan dokter dapat mengambil tindakan yang cepat dan benar.
6.      Mengetahui Aktivitas Bayi
Karena USG 4D seperti halnya merekam dengan handycam jadi dokter dapat melihat aktivitas dari janin tersebut.
  •  Hal Penting Sebelum Melakukan USG 4 Dimensi

USG 4D adalah jenis USG yang paling canggih dari semua jenis USG versi sebelumnya.
·        USG 4D memang bisa didapatkan di rumah sakit tertentu yang memang memberikan layanan ini. Tapi kebanyakan rumah sakit yang sudah memakai USG versi ini rumah sakit yang berada dikota-kota besar.
·        USG 4D masih dikatakan mahal dari pada versi USG yang lainnya sehingga tidak semua orang bisa melakukan jenis USG ini.
·        USG 4D ini merupakan salah satu tren yang banyak diikuti karena pengaruh media sosial yang sangat kuat. Sehingga banyak orang tua yang melakukan USG ini,hanya karena mengikuti zaman yang ada
·        USG 4D sama dengan jenis USG yang lain tetapi teknologi yang digunakan memang lebih canggih. USG 4D adalah jenis USG yang sangat aman dan tidak akan menimbulkan efek resiko seperti yang banyak dikhawatirkan.
·        Bila kita melakukan USG 4D kita akan merasakan panas namun sebenernya panas yang timbul bukan efek samping alat tersebut. Melainkan karena adanya gesekan antara frekuensi suara yang ditimbulkan yang bergesekan dengan kulit. Jadi sebenernya USG 4 dimensi sangat aman untuk semua orang.

  •     Berikut merupakan hasil/foto dari versi-versi USG


1   1.   USG 2D

2
     2.   USG 3D















   3. USG 4D


 

  •  Alat USG

USG Portable

 


  •     Perbedaan dari UGS 2D,3D,DAN 4D

        
UGS 4D lebih kelihatan nyata dan jelas bentuk janinnya daripada USG 2D dan 3D.

Jadi  USG 4 D merupakan kepanjangan dari Ultrasonography 4 Dimensi yang merupakan  alat yang digunakan untuk pemeriksaan ibu hamil menggunakan gelombang suara. Fungsi dari USG 4 D ini untuk melihat kehamilan, dengan memiliki beberapa keunggulan dan manfaat yang lebih dari USG lainnya. USG 4D merupakan USG yang paling aman karena tidak mempunya efek samping dan aman dilakukan pada siapapun,namun USG 4D harganya sangat mahal jadi banyak ibu-ibu hamil yang enggan melakukan 4D.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Game tower defense (Plants vs Zombie)